Rabu, 19 Desember 2012

Catatan Hati : Di antara Surabaya dan Jakarta


ini sekolahku setahun yang lalu, ketika aku masih jadi anak putih abu abu yang suka hura hura, suka main sana sini, suka jeng jeng sana sini, suka apa aja deh yang penting jangan suka sesama jenis.
ini dia fotonya,
betapa kerennya sekolah ku
nahh.. udah liat kan itu ada lorong lorong depan kelasku waktu SMA..
hidupku yang penuh dengan kebahagiaan, bisa mengendalikan diriku sesuai keinginanku. Kehidupan yang penuh dengan kedamaian. hingga akhirnya negara api menyerang.. *bahh apaan nih!!
ya intinya waktu pun bergulir, hingga aku harus menamatkan diri bersekolah di SMA Negeri 1 Purworejo dan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.




oke, dan aku galau harus lanjut sekolah dimana.. ingin melanjutkan di universitas keren di Solo, ingin juga yang ada di Bandung, Jakarta, Jogja, dimanapun itu. dan dalam waktu singkat harus menentukan pilihan sekolah karena aku dapet "kesempatan khusus" buat ndaftar PTN tanpa tes.
aku pun menjatuhkan pilihan ke sebuah institut super keren yang ada di Surabaya. well, super pesimis buat ndapetin impian aku buat sekolah disini. saingannya superduperketat (se Indonesia, kuota undangan cuma 20 orang!! dua puluh!!!). katanya sih jadi jurusan favorit disini, makanya kucoba. hahah
oke, kita simpen dulu cerita tentang Institut keren ini.

hari demi hari pun berlalu, dan suatu hari, aku dapet info pendafaran sebuah PTK yang emang udah sejak dulu aku kepikiran buat nglanjutin ke situ. ya udahlah, berhubung belum ada pengumuman tentang hasil "undangan" jadi aku belum punya tempat kuliah, apa boleh buat, aku harus nyoba selagi ada kesempatan.

STIS.. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, sekolah yang bakal kucoba buat jadiin almamaterku. mungkin kamu jarang denger tentang STIS, atau mungkin baru sekali denger? atau malah belum pernah denger? pfttt.. mengharubirukan.. 
Jadi, STIS itu sebuah perguruan tinggi kedinasan (kayak STAN, AIM, dst) yang berada di Daerah Otista (deket kampung melayu, nggak jauh juga dari stasiun Jatinegara) di Jakarta Timur. TEMPAT YANG STRATEGIS lahh..
kenapa sih aku minat kesana?
nahh, yang pertama, LANGSUNG JADI PNS. jadi, saat kita lulus nanti dengan gelar S.ST yang disandang melalui perjuangan sengit selama 4 tahun, kita bakal langsung diangkat jadi PNS dan ditempatkan disebar di seluruh penjuru Indonesia berjajar pulau pulau dari sabang sampai merauke selama waktu ikatan dinas.
yang kedua, DAPET TUNJANGAN IKATAN DINAS RP850.000,00 PER BULAN. wuidihhh.. kurang apa coba, udah sekolah GRATIS (biaya kuliah gratis, sragam gratis *daripakaianyangluarsampepakaiandaleman), dapet tunjangan pula!!! lumayan lah buat nambah nambah penghasilan, jadinya kan secara nggak langsung juga mengurangi pengeluaran ortu buat biaya sekolah kita.

setelah ikut tahap demi tahap untuk masuk STIS, pengumuman final pun diumumkan, eits.. kalo kamu pingin tau tahap demi tahap waktu tes ujian masuk STIS, nih klik aja disini.
dan alhamdulillah, saya diterima di STIS (Jangan sampe lupa cara bacanya!!! bacanya dieja, "es-te-i-es"!! bukan "setis").. disaat lain, undangan juga diumumkan dan alhamdulillah juga aku diterima.

dilema pun berlanjut, aku harus ngelanjutin kemana?? apakah ke Surabaya atau ke Jakarta? semua usaha pun aku lakukan, dari mulai shalat wajib sampe shalat istikharah, dari mulai tanya kakak tingkat sampe tanya rumput yang bergoyang.. bingung.
kalo misalnya aku lanjut ke Institut keren di surabaya itu dengan ambil Teknik Informatika, aku harus siap berhadapan dengan Pascal, Bahasa Pemrograman dan kakeknenekbuyutnyayangbegituan. dan tentunya aku sekolah di sana nggak gratis, kecuali ikut beasiswa.
terus kalo misal aku lanjut ke STIS, aku makin dilema. iya sih dulu aku pingin sekolah di kedinasan kayak STIS ini, tapi aku udah daftar ulang di Institut dimana aku daftar "undangan" (administrasi, biaya, dan segala tetek bengeknya), aku juga udah keliling keliling disana, mbayangin besok gimana aku bakal jatuh bangun di kampus itu,

dan akhirnya, aku jatuhin pilihan aku di STIS. bismillah aja lah.. ini pasti jalan yang udah Tuhan rencanakan buat aku, buat orang tua aku, buat keluarga aku.
pengorbanan belajar di semester 5 mati matian buat ngejar nilai undangan emang kayaknya rada sia sia. tapi aku percaya aja lah. nggak ada ruginya belajar. :D
aku masih inget pesen kakak kelas aku, "dimanapun kita, yang penting mau jadi apa kita di tempat itu, mau jadi yang biasa-biasa aja, apa mau berusaha buat jadi yang terbaik.. selanjutnya, jadi apapun kita, yang penting keikhlasan kita njalanin itu semua, dan tentunya niat yang ada di dalam hati kita.."
nahhh.. dari situ aku berawal, dari sana aku bermula, dan dari sini aku bertekad, aku bakal selalu mencoba buat jadi yang terbaik buat orang orang di sekitar aku, melalui kampus ini, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. STIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar