Rabu, 02 April 2014

PTK Expo 2014, sebuah kenangan "Muda"

Assalamualaikum
Lama sudah tidak mengintip puing-puing catatan usang di blog ini. Kangen jadinya. Rindu.
Kesempatan kali ini, aku kembali mengetikkan jemariku untuk bercerita tentang pengalaman menarik yang kemarin kuikuti, PTK Expo 2014.
Tahun ini, kebetulan aku mewakili Media Kampus STIS pada acara tersebut. Tugas utama kami pada pembuatan stand kampus tercinta STIS, adalah melakukan dekorasi semenarik mungkin sehingga bisa menarik pengunjung untuk bisa mengetahui lebih lanjut tentang STIS. (kalimat boros. fiks.)

Dimulai saat liburan, ketika semua sedang asyik mondar-mandir ke berbagai sekolah di daerah masing-masing, beberapa dari kami asyik ngotak atik gadget untuk mengusulkan tema dan ide untuk stand kita. Absurd, OOT, ngalor ngidul, sudah jadi kebiasaan grup itu, hingga mungkin ada yang menganggap “grup nya spam banget sih!”. Huh!
Oke, di akhir liburan semester ganjil, diketok sudah palu milik pak direktur (eh, palunya kekmana ya? Oke. Gaje.) diketok bahwa kita akan rapat emka pada malam senin untuk membahas tema dan konten stand kami.
Tepat seperti yang diduga. RUAMEK banget! Aku yang datang telat hanya bisa cengar cengir mulut bebek sambil ngacir masuk ke dalem. Ternyata sudah ada berbagai ide yang disampaikan. Singkat cerita, rapat berakhir. Beberapa anak tingkat II langsung ambil forum setelah para junior kabur. Ternyata masih ada yang janggal dengan stand yang akan dibuat. Sehingga kami sedikit memodifikasi ide yang sudah ada. Dan fiks. Stand kami akan didesain seperti yang sudah dimodifikasi.

Malam pertama. Ceilah.. kita bergerak untuk melakukan tugas kita. Eits, tunggu dulu. Sebelumnya, antara Humas Internal dengan MK telah melakukan rapat koordinasi mengenai stand yang akan dibuat.
Rame lagi. kami bergerak membuat FAQ, potong-potong sterofoam, dsb. Dan ya, alhmadulillah sudah ada hasil, tapi masih banyak sekali yang harus dikerjakan selanjutnya. Ya, sekitar 9% sudah tercapai di malam pertama ini.
Malam kedua. Kami melanjutkan pekerjaan. Pada kesempatan ini, kami membagi tim menjadi Tim Miniatur dan Tim Ratisa. Tim miniatur bertugas menyelesaikan miniatur STIS dan Tim Ratisa membuat FAQ, X-banner, Spanduk Typography, maskot kartun Minion, dan NASIONALisME. Skip aja lah. Intinya pada malam kedua ini, sudah terselesaikan 65%.
Malam ketiga. Malam terakhir. Jujur aku sempat pesimis bakal selesai mengerjakan tugas. Masih banyak yang perlu dilakukan, sedangkan ini merupakan malam terakhir. Duh! Detik demi detik pun berlalu, kita berusaha maksimal melakukan tugas kita. Tiba-tiba, saat aku sedang duduk manis mengerjakan tugas di Tim Ratisa, segerombolan anak muda menghampiri kami. Jeng!!! Layaknya anak muda-masa-kini mau tawuran. Ternyata bukan. Mereka adalah anak-anak tim Miniatur dan anak humeks. Mereka telah menyelesaikan tugas mereka. Tim Ratisa nggak mau kalah. Kami harus selesai malam itu juga. Titik.
Alhamdulillah. Pukul 23.00 lebih, kami menyelesaikan stand-paket-combo-lengkap. Miniatur, FAQ, maskot kartun minion, spanduk typography, NASIONALisME, foto-foto, Stand name, dan X-Banner.
Besok fiks berangkat. Fiks banget.

20 Maret 2014
tim PTK Expo STIS kumpul di kampus pukul 12.30 untuk berangkat ke stasiun senen. Ternyata, Indonesia.. jam 13.00 lebih dikit kita baru naik bus kampus berangkat menuju stasiun. Duh! macet pun tak terhindar. sempat cemas juga karena jam 13.40 posisi kami masih di matraman, padahal kereta akan berangkat jam 2. sudahlah. hanya bisa berdoa.
bus kembali melaju, sudah tinggal beberapa meter sebelum perempatan senen, tiba-tiba bus berbelok ke kiri padahal stasiun senen seharusnya belok kanan. "Pak, kok belok kiri? kita kan mau ke senen?" | "lah, bukannya tadi bilangnya mau ke gambir?" | GLODHAK! MAKIN CEMAS. bis langsung puter balik, dan yah kejebak macet lagi. keringetan banget tuh waktu itu.
alhamdulillah kita tepat-waktu-banget sampai di stasiun. berlarian lah kita, naik kereta saat kereta mulai berjalan. baru beberapa langkah di dalam gerbong, kereta sudah melaju. Alhamdulillah tepat waktu banget nget..
dan jeeeengggg.. gerombolan, muka keringetan, bawa barang gedhe mencolok dan banyak, langsung jadi perhatian orang di kereta. ckck.
langsung kita memposisikan barang seefektif mungkin.
di tengah perjalanan, kereta mati listrik. Duh! Apes! keringet kembali makin mengucur deras. beberapa orang sempat protes pada satpam yang sedang berusaha membuka jendela di samping kami. huh!
iya. keringetan. layaknya habis lari-lari dikejar kenangan bersama mantan.
sekitar setengah jam berlalu. listrik kembali hidup. ternyata "keasyikan" tidak berhenti disitu. beberapa saat kemudian, turunlah hujan deras. dan jeng, jendela yang tadi dibuka oleh satpam adalah jendela rusak. air pun masuk ke dalam. tepat berada di samping Maskot Minion. LANGSUNG HEBOH SEMUA. berusaha menyelamatkan bawaan dan maskot.
FIKS. KERINGETAN LAGI.
huh!
waktu pun berlalu, membawa kenangan pergi jauh.
waktu sudah menunjukkan pukul 1 pagi. sebentar lagi kami sampai di Stasiun Cepu. kami sudah siap. kami dijemput oleh Tyo dari STEM Akamigas.
kamipun diboyong ke Vyatra (asrama STEM Akamigas) agar bisa beristirahat hingga jumat sore untuk check-in ke wisma.

21 Maret 2014
sreeeeeetttttt.. waktu berlalu begitu cepat. hari ini jumat, 21 Maret. siang ini kami melakukan briefing untuk pembukaan Dies Natalis.
kami bertemu dengan teman-teman dari STSN dan STTD untuk dibriefing oleh Tyo (lagi) bersama ketua FMKI, Kak Drajad.
tampilan PTK Expo
disitulah aku baru paham.
PTK Expo alias Expo Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
diselenggarakan di STEM (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral) Akamigas di Cepu tanggal 22-23 Maret, diintegrasikan dengan Dies Natalis kampus tersebut.
Kenapa diintegrasikan? kata ketua FMKI sih agar bisa menjaring lebih banyak massa untuk tau tentang PTK di Indonesia.

balik lagi. kami dibriefing tentang acara esok dan nanti sore. nanti akan ada pembukaan Dies Natalis yang dilanjutkan dengan pawai keliling cepu, JALAN KAKI. oke fiks kayaknya bakal keringetan lagi. hehe..
Pawai dalam rangka pembukaan Dies Natalis STEM Akamigas
pembukaan usai. saatnya beraksi. jalan kaki puter-puter cepu. Pasukan mahasiswa kedinasan berada di belakang marching Band STEM dan barisan etnis papua. dibelakang kami ada kesenian daerah sejenis barongan.
RAME. DAN ASYIK. sempet selfie juga. hehe.
copast line nya Mas Adnan : "Mungkin mereka lelah..."
seusai arak-arakan, kami kembali ke Vyatra (Asrama Mahasiswa ber-AC dan fasilitas yg kece) untuk packing, karena kami akan dipindahkan ke Wisma penginapan. kami pun berombong-rombong membawa bawaan untuk dibawa ke Wisma.
dan jreeeengggg.. saat masuk ke Wisma, SUPER SEKALI BRO! fasilitas wismanya lumayan lah. lumayan banget. hehe.
eitsss.. kami nggak langsung tidur. setelah ini kami harus langsung dekor stand. SEMANGAT!!!!!

dengan kaki pegel-pegel dan penuh semangat, kami terseok menuju Stand. makan malam di kampus STEM Akamigas dan langsung cus dekor stand. sempat pasang copot spanduk, foto, dsb. tapi singkat cerita, dengan semangat yang membara demi almamater tercinta, akhirnya beres juga. 
dan, selfie lagi. fokus tepat padaku, yang lain blurrr.. hahahahah
ehhhh.. tapi setelah dilihat, kok masih ada space yang kosong ya? kami juga lupa tidak membawa taplak meja. aku cemas (dasar golongan darah A).
dengan barang yang tersisa, kertas asturo kuning 2 lembar dan apa yang kami punya, kami berencana kembali membuat sesuatu untuk dipasang disana.
tapi, waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam lebih. kami harus kembali ke Wisma karena bus tumpangan kami (Bus STPN -terimakasih ya STPN...) akan balik ke wisma.
akhirnya, kami membuat tulisan NASIONALisME, ide dari Mas Adnan.

22 Maret 2014
INILAH DIA HARI PERTEMPURAN. saat kami sampai di stand, spanduk FAQ yang semalem sudah tertempel rapi, kini tergeletak di tanah tak berdaya. ALIAS COPOT!!!!!!!!!!!!! HUAAAAA!!!!!! padahal semua sterofoam sudah tertempel padanya. hufh. pasang lagi dah.
jam 9, kami menuju ke suatu ruang untuk mengikuti acara pembukaan PTK Expo. ya, seperti itulah, ceremonial dan sambutan seperti biasa. setelah dibuka, kami kembali ke stand dan melakukan dekor penyempurnaan.
finally, stand STIS tampak depan
satu demi satu pengunjung datang. fiks. aku harus berubah wujud. akhirnya aku memakai baju seragam x-bar berwarna kuning mencolok lengan panjang, kemudian pakai seragam olahraga, dan masuk ke dalam maskot utama, MINION.
ini aku. kepanasan. tersenyum di luar, sehat di dalam.
5 menit pertama, masih bisa jalan sana sini dan ketawa ketiwi didalamnya. tapi mulai 10 menit, keringat tak hentinya mengucur. PANAS BRO!!!! tapi sudahlah, sekali seumur hidup. pengalaman. #akurapopo, nikmati saja.
jam demi jam berlalu. pengunjung datang dan pergi ke stand kami. ada yang tanya panjang lebar, ada yang baru pernah dengar tentang STIS, macam-macam pokoknya. yang kusukai adalah, banyak orang meminta foto bersamaku. IYA, FOTO BARENG AKU. tapi mukaku sama sekali nggak kelihatan. ckck.
MINION lumayan menarik perhatian pengunjung di hari pertama. besok harus lebih. di siang hari, tetiba hujan turun deras. tenda yang menaungi seluruh stand ternyata bocor, beruntung kami hanya kebasahan di lantai. stand STTN Batan (yang berada di depan stand kami) kebecekan bro. air menggenang di dalam stand STTN. duh, kasihan. :(
hari ini stand ditutup sekitar pukul 20.00. kami yang masih berseragam langsung dibawa ke Wisma Ruang Pertemuan untuk Malam Keakraban.

Cusss... mobil berjalan.
hanya kami yang masih berseragam rapi, yaitu STIS dan STSN. sementara PTK lain sudah bling-bling rapi memakai kemeja batik. kami belum sempat mandi karena keterbatasan waktu dan sarana transportasi.
Malam keakraban diisi dengan perkenalan super singkat, sharing dan hiburan dari PTK yang bersedia.
STIS menjadi 1 dari 3 PTK yang sanggup memberi persembahan. Aku dan Faldo mempersembahkan akustik. Aku nyanyi dan Faldo main gitar. TANPA LATIHAN SAMA SEKALI, TANPA MENGAMBIL NADA DASAR. FIKS SUPER DADAKAN. dan alhasil, di akhir lagu, aku lupa lirik beberapa kata, hehe.. :D kami nyanyi lagu "Sempurna".. Ceileeeehhhh..
Aku dan Faldo. *belum ganti baju setelah jadi Minion*
seusai Malam Persembahan, kami berfoto ria, kembali ke Kamar, dan tidur.
Peserta PTK Expo berfoto ria. aku absen, lagi pegang kamera, cieee..
23 Maret 2014
Hari berikutnya, masih jam 7 pagi, kami digedor oleh Tyo (Tyo lagi, Masih Tyo, Tyoooooo terus). Kami harus berangkat ke Kampus STEM karena di sana sudah ramai. aku langsung mandi bebek penuh semangat.

iya, benar. sesampainya di kampus STEM, sudah banyak orang ternyata. Banyak sekali anak kecil yang tertarik foto bersama minion. eh iya, hari ini yang jadi minion adalah Faldo, bukan aku. hehe.. pukpuk buat Faldo.
hari ini aku kejatah sharing dengan pengunjung. aku banyak belajar di hari itu. iya, banyak sekali. pengunjung stand STIS hari ini cukup ramai.
singkat cerita, sekitar jam 2 siang, banyak stand sudah mulai melepas atribut didalamnya. iya, karena ini hari terakhir PTK Expo. Sempat sedih karena harus berpisah dengan teman-teman dari PTK lain, tapi yasudahlah.
tugasku, untuk mewawancarai teman-teman dari PTK lainpun tak kulupakan. banyak kesan positif tentang stand kami. Aku senang. Syukur. Apa yang telah kami usahakan ternyata tidak sia-sia. I LOVE MK Sooooooooooooooooooo Muuuuuccchhhhh. Lebay. fiks.
berikut beberapa cuplikan kesan beberapa teman PTK lain yang sempat kuwawancarai,
STSN (Ketua FMKI, Kak Drajad) : "luar biasa untuk sekolah tinggi ilmu statistik, sangat varitif dan saya banyak belajar dari Stand STIS. banyak terobosan baru, dan membuat image kepada masyarakat bahwa sekolah kedinasan itu tidak selamanya menakutkan (militer -red). Dan saya yakin banyak orang yang akan mengunjungi stand ini."
STTD : "kesan pertama melihat stand ini, saya yakin stand STIS ini menjadi stand yang paling kreatif. dan walaupun jauh dari Cepu, semangat untuk datang ke PTK Expo ini sangat luar biasa."
STPN : "keren banget! salut!"
STTN : "Cara STIS untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat cukup unik dan menyajikan dengan tepat."
AMG : "Penyajian stand dari STIS ini menarik dan sangat mengindonesia. typhography di belakang juga membuat orang penasaran sehingga akan membuat tertarik pengunjung untuk masuk."

Seneng. Seneng banget mendengar kesan mereka. pengunjungpun tak luput kami wawancarai. "Stand STIS menarik dan penjelasan dari kakak-kakak cukup membuat kami paham tentang sekolah kedinasan". itu salah satu cuplikannya.
adzan ashar berkumandang. Saat itulah, kami mulai beres beres stand. FYI, kami adalah peserta terakhir yang menutup stand. saat yang lain sudah mulai kembali ke almamater masing-masing, kami baru mulai menutup stand. iya, kami tak ingin ada orang yang menyesal ketinggalan informasi.

seusai beres-beres, kami boyong semua bawaan kami ke Vyatra. kami bersih-bersih badan, dan saat jam 5 sore, kami diantar ke Stasiun untuk pulang kembali ke Jakarta. tentunya diantar oleh Tyo (lagiiiiiiiiiiii...).
Tyo bajunya keren! "pede mu negeRI".. boleh lah dikasih satu..
eits. kami juga tidak lupa foto bareng Tyo sebagai kenang-kenangan. Thanks Tyo, udah sabar ngeladenin kita-kita.. hehe..
jug ijag ijug kereta mulai berangkat. kami meninggalkan cepu dengan bahagia dan damai. 

24 Maret 2014
singkat cerita, kami sampai di Jakarta sekitar pukul 3 pagi. kami carter angkot dan semua barang diangkut ke kontrakanku. catatan PTK Expo pun berakhir disini.
Aku, Sita, Mas Adnan, Faldo, Ifan, Dewi, Raja berpisah untuk kembali ke kos masing-masing. Senang. Pingin ikut lagi. Pingin ketemu teman-teman PTK lain lagi. itulah kesanku. 


Tim PTK Expo STIS.
Aku. Faldo. Sita. Mas Adnan. Dewi. Ifan. Raja.

"karena masa muda, adalah masa berkarya. Karena masa muda, adalah masa tuk ciptakan diri menjadi orang yang lebih berguna. Iya, Masa Muda."

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Big Thanks juga untuk Humeks dan Humin yang udah kasih kesempatan berkarya buat anak-anak MK..

      Hapus
  2. Kereeennn :'D
    Btw itu.... foto paling bawah..... kok ada daerah radiasi segala :|||

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu...kenang kenangan dari stand tetangga.. dari STTN Batan.. hehe.. :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus