Selasa, 16 Februari 2016

Tips : Ini dia, Alternatif liburan sekejap nan mantap

Liburan. Sebuah kata mistis yang selalu ditunggu-tunggu layaknya Tunjangan Ikatan Dinas bagi anak setis. Liburan. Sebuah kata magis yang selalu diharapkan bak kasih ibu kepada beta yang tak pernah sirna ditelan masa. Hosh. kenapa jadi sok puitis-tapi-garing begini? Skip. kembali ke topik utama. Liburan.

Liburan pasti selalu dinantikan oleh seluruh penghuni jagat raya; dari pimpinan negeri, PNS, mahasiswa, dosen, hingga ranah ibu-ibu PKK. Tapi, seringkali liburan hanya datang sekejap tanpa tahu harus diapakan, hingga banyak janji yang hanya terumbar begitu saja tanpa terlaksana karena keterbatasan durasi liburan. Apalagi bagi kita-kita mahasiswa kedinasan, liburan cuma sebentar dan bingung mau ngapain, itu bikin kesel.

Nih, aku ada sedikit pencerahan untuk mengisi liburan dengan one day trip tanpa wacana! Cekidot broh!


1. Bandung (Bosscha-Dusun Bambu)
Sasaran empuk buat yang kepengin cuci mata dan cuci telinga sembari cuci hati buat mencari teteh-teteh geulis nan memesona. Hehe. One day trip ke Bandung sangat mungkin dilakukan, banyak objek yang bisa dijadiin tujuan liburan di Bandung, misalnya paket Bosscha-Dusun Bambu:
Observatorium Bosscha. tempat ala ala buat yang suka neropong bintang! bukan neropong masa depan lho ya, apalagi neropong jodoh. *eaks*. Di Observatorium Bosscha, kalian pasti bakal merinding disko, karena menyadari betapa kecilnya diri kita dibanding luasnya alam semesta, apalah diri kita jika dibandingkan dengan ciptaanNya Yang Maha Sempurna. Kalian juga akan melihat betapa kerennya bebintangan dan seperangkat aksesori yang dipelajari oleh anak anak astronomi. Kece Badai!
(masih) sendiri
Lanjut tujuan kedua, Dusun Bambu. Cocok banget buat yang ingin menambah koleksi daftar kekulineran indonesia. Selain untuk tujuan kuliner, Dusun Bambu juga jadi tempat yang cozy abis buat fefotoan dengan danau buatan, taman penuh bunga, spot foto ala ala yang super-instagram-able! Pokoknya rekomendit banget lah!
Buat kalian yang malas bawa kendaraan sendiri, banyak agen one day trip yang bisa jadi pilihan, murah kok! berkisar 200-300 ribuan jika berangkat dari Jakarta. Cocok banget buat kalian yang mau liburan sendiri, menyepi menjauh dari ganasnya ibukota.

2. Banten (Tj. Lesung)
Salah satu tujuan wisata di Banten yang cukup laris dikunjungi turis karena eksotis layaknya penari striptis yang nyaris tanpa pakaian berlapis adalah ..... jeng jeng... tanjung lesung! Sajian yang sangat mantap dan nendang berbahan dasar pasir putih yang berhias nyiur hijau melambai-lambai, dengan desiran ombak yang tidak begitu agresif, ditambahi balutan fasilitas yang masih apik, dan taburan serpihan kenangan bersama mantan yang tentu tak terlupakan. ups.
Cocok buat kalian yang ingin merasakan sensasi baru "mantai" biar nggak cuma ke kepulauan seribu mulu. Meskipun harus menempuh perjalanan yang agak jauh (jika berangkat dari Jakarta), tapi cukup worth it ketika sudah sampai di tanjung lesung. Fasilitas yang disajikan pun cukup lumayan; jetski, banana boat dan wahana air lain, jembatan tanpa ujung yg foto-able, playground, kamar mandi yang gratis, mushola yang legaan, tempat parkir yang luas, pokoknya nyosh abis lah. Tempat wisata yang masih asri buat kalian pecinta bahari.
Budget yang perlu kalian keluarkan sekitar 150-250 ribuan, dengan rincian (1) bus jkt-banten PP 60k, (2) Masuk tempat wisata 35k, (3) akomodasi lokal 55k. Sangat direkomendasikan buat kalian yang ingin liburan bareng temen-temen organisasi kalian, misal se-seksi, atau se-bph, dsb.

4. Ancol (Dufan)
Bukan anak jakarta jika kalian belum ngerasain teriak-teriak geli-tapi-enak karena wahana tornado atau halilintar di Dufan, Ancol. Tujuan wisata dengan berjuta-juta wahana yang ada di dalamnya. Pas banget kalau liburan cuma sehari; berangkat pagi, langsung naik wahana yang basah-basahan dulu, abis shalat dzuhur naik wahana yang menantang sembari mengeringkan baju, abis ashar naik wahana yang selow-selow buat pendinginan, abis maghrib kongkow-kongkow di pantai ancol sembari mainan truth and dare serta bersendau gurau bersama kawan.
Cocok banget buat kalian yang mau menghabiskan masa liburan bersama teman-teman gengsternya. Budget yang dikeluarkan cukup gedhe sih, yaitu 200 (weekday) atau 300 ribuan (weekend). Tapi kalau TID abis cair, apapun terasa murah kan ya? heuheu.
Selain Dufan, ada juga beberapa objek lain di ancol, misal ocean dream samudra (100/150 ribuan), Atlantis (100/200 ribuan), dan Seaworld (100 ribuan).

5. Bogor (Curug Naga)
Hampir semua anak setis pernah berkunjung ke puncak, menginap di villa, apalagi vila bukit danau. Pasti kalian pernah kan? Yaiyalah, setiap acara pisbut, puncak selalu jadi tujuan yang laris manis. Tapi pernahkah kalian berwisata ke curug naga? curug priuk? curug barong? Kalau belum, cobalah kesana. Wisata untuk mendinginkan tubuh sejenak dari panas dan gersangnya kota metropolitan.
Btw, itu kedinginan maksimal lho,
Sangat aplikatif buat kalian yang ingin liburan sehari tanpa mati gaya di kosan. tinggal sewa motor di bonasut seharga 20k, cus langsung pagi hari bersama teman-teman ke Puncak (curug naga); berenang disana, lompat paku di ketinggian ratusan meter *lebay*, merasakan pijitan lembut dari air terjun yang ada, sungguh sangat asyik! Kemudian, seusai berdingin-dingin di curug, malamnya kita bisa wisata kuliner di sekitaran bogor sembari perjalanan pulang. Tempat yang bisa direkomendasikan buat nongkrong diantaranya Two stories, Monarchy Bistro, Momo milk barn cafe, Tier siera resto & lounge, dan D'glock.
Selain curug naga, di daerah bogor juga masih ada tujuan lain, misal KRB, Ragunan, Safari, Wiladatika, TBN, yang juga bisa jadi alternatif wisata di daerah bogor.
Budget yang diperlukan untuk berkunjung ke curug naga minimalnya 75 ribu, jika ingin mengunjungi lebih dari 1 curug atau ingin camp disana, bisa memilih paket yang ada berkisar antara 100k hingga 300k per orang. Cukup murah bukan? Pas banget buat kalian yang ingin menghabiskan liburan bersama sahabat atau orang penting kalian.

6. Jadi anak metro
Liburan di saat weekday? Mager buat keluar jakarta? Tapi kepingin beranjak pergi meninggalkan sepi sendiri tanpa kekasih menemani? Jadi anak metro seharian boleh juga lho!
Pagi hari berangkat ke MTA, mainan ice skating. Jangan lupa sedia kaus kaki tebal dan kaus tangan ketika akan bermain ice skating. Buat kalian yang belum bisa atau belum pernah bermain ice skating, santai! aku juga baru pernah sekali, dan langsung jatuh berkali-kali hingga harus menghabiskan stok counterpain untuk mengolesi tangan dan kaki. Malah curhat. Ckck.
The very first time in forever bermain ice skating
Sehabis puas bermain ice skating, jika masih banyak uang di kantong, lanjut lah memasuki dunia imajinasi. Selain badan melakukan gerakan akrobatisnya di sky rink, pikiran juga perlu menari-nari dalam dunia imajinasi melalui nonton film di XXI atau baca buku di Gramedia. Sepuasnya meliarkan imajinasi kita, lanjutlah kulineran di Jakarta.
Ada beberapa tempat kece-membahana-badai yang wajib kalian kunjungi. Misalnya jalan sabang, pasar santa, lenggang jakarta monas, southbox, warung nagih, toodz house, hingga food lab.
Budget yang dikeluarkan untuk alternatif yang satu ini sekitar 200-300 ribuan, dengan rincian 45k ice skating (ketentuan berlaku), 50k an buat nonton atau beli buku, dan sisanya buat makan. Cocok banget buat kalian yang ingin meng-hedon-kan diri selagi masih banyak persediaan lembaran TID di dompet.

6 alternatif liburan di atas memang bukan selalu menjadi pilihan utama, banyak hal lain yang bisa kalian lakukan sewaktu liburan, misal seperti yang kulakukan ini; menyendiri ditemani kipas angin di kamar sembari memijat2 keyboard laptop. Apapun yang kalian lakukan di waktu liburan, pastikan hal yang kalian lakukan adalah hal yang harus kalian lakukan, yaitu hal positif dan bermanfaat. 
"Do what you have to do, 
until you can do what you want to do" 
(Oprah Winfrey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar