Senin, 10 Oktober 2016

Tips : Biar Skripsi makin enteng

Hai! 
Kikuk rasanya ngeblog lagi setelah sekian lama tak bersua disini. Tapi apalah daya jikaku ingin mengisi kekosongan waktu di tengah-tengah riweuh belajar TKD. BESOK TKD CUY!!
Hm, tema kali ini skripsi. Rada berat yah, apalagi buat mahasiswa IP pas pas an kaya saya.

Skripsi

sesuatu yang wajib dihadapi oleh seluruh mahasiswa akhir terutama di kampusku tercinta, di STIS. Biar bisa lulus, kami harus menyelesaikan skripsi 4 SKS, yaitu 3 SKS untuk sidang dan 1 SKS untuk seminar.

Kali ini, aku mau kasih tips biar makin jos gandhos memulai skripsi kalian, jadi bisa cepet selesai. Karena kata kajur statistika, "Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai". Catat baik-baik!

1. Sukai tema atau topik yang kalian tentukan.

Pada awal-awal tk 4, kalian bakal disuruh ngumpulin proposal. Nah, itu adalah masa-masa kalian kudu jatuhkan pilihan topik yang bakal dihadapi selama setahun ke depan. Tentukan tema yang bener-bener kalian tertarik dan terhanyut di dalamnya. Misal nih, kemarin aku ngerjain tentang fertilitas, dan proposal yang kubikin ketiganya tentang fertilitas. Cuma, kerangka teori yang kugunain di masing-masing proposal tuh berbeda, jadi dari teori yang beda, bisa menghasilkan variabel dan metode analisis yang berbeda dah!
Intinya..... Jangan sampai di tengah-tengah ngerjain, kalian kudu ganti topik karena ini itu. Duh!

2. Jatuhkan pilihan teori sebaik mungkin!
kalau sudah tau minat kalian dimana, cari teori dasar yang bisa menjawab pertanyaan penelitianmu. Eits, tapi jangan asal pilih teori, kudu yang fundamental, logis, dsb (bisa dibuka sendiri di KBBI yach) biar jos gandhos dan bisa dipertanggungjawabkan dengan yakin di depan penguji saat sidang. Lebih bagus lagi kalau kalian konsulin proposal kalian ke "target dosbing" jauh hari sebelum pengumpulan proposal. Biar makin cespleng gitu. Kalo teori udah mantep, variabel pasti ngikut lah, apalagi buat yang primer, wah sudah tinggal kipas-kipas nunggu pengumuman proposal. Buat yang sekunder, pastikan variabel yang kalian gunain sudah teroperasionalkan dengan baik dari sumber data kalian.

3. Baca panduan skripsi STIS baik baik. :)

Penting nih! kita kuliah di tempat yang super keren aturannya! jadi jangan sampai menyepelekan aturan, dari aturan konten menulis sampai ke hal yang teknis. Kudu diperhatikan betul-betul. Adalah suatu hal yang tidak berperikemahasiswaan jikalau kalian sudah ngeprint berlembar-lembar tapi ternyata salah format dan hal ini seringkali terjadi di sekitar kita, sungguh naas dan hal ini tergolong kejahatan psikologis yang dilakukan oleh diri sendiri. Mengenaskan bukan? Makanya, ikuti panduan dengan baik!

4. Buruan selesaikan!

Kalo udah dapat lampu hijau buat mengerjakan skripsi dari dosbing, langsung selesaikan! karena banyak hal yang tak terduga akan kalian hadapi di depan nanti. Jadi buruan selesaikan, jangan nunggu-nunggu temen kalian dah, apalagi mentingin acara ga penting, apalagi sibuk modusin ke temen "yuk ngerjain skripsi bareng", apalagi sok-sok mau ngerjain di perpus sambil cari gebetan, elah kalian-kalian mau ngerjain skripsi apa mau nyari jodoh sih.


Sumber : Instagram Angkatan STIS 54

5. Bingung? Jangan ragu tanya....

Santai guys! di luar sana, banyak sekali kakak tingkat yang selalu siap sedia bersiaga membantu kalian. Jangan sungkan-sungkan tanya mereka! Aku pun dulu demikian, tanya kesana kemari ketika kebingungan menghampiri. Pun kalau masih belum paham juga, tanya ke dosen gih. Tapi setidaknya ketika tanya ke dosen, jangan tangan kosong alias ga tau apa-apa tiba-tiba tanya. Kalian kudu cari tau sendiri dulu, baru ketika udah mentok, tanya ke dosen, gitu. Saat tanya ke dosen, boleh juga tuh pilih dosen yang asek abis buat ditanya-tanyain. Jadi bisa kasih kalian pencerahan dan motivasi. Wqwq. Aseli, motivasi penting banget dah!

6. Rapihkan dan amankan file skripsi.

Hal yang ngenes adalah ketika sudah menyelesaikan beberapa lembar, ternyata laptop eror ketika file belum di save. Zonk. Lebih parah lagi kalo udah bikin file berratus-ratus, tapi tiba-tiba hardisk eror, Zonk! Dengan demikian, kusarankan sinkronkan file kalian ke cloud semacam gdrive atau apalah itu. Biar ga bulak balik bikin itu-itu aja. Nama file nya juga dirapihkan biar gampang nyari, dikasih format YYYYMMDD kek, atau gimana gitu. Sekreatip kalian masing-masing lah.

Syudah, mungkin ini tips dari mantan penggarap skripsi kejar tayang. Cepet selesai, biar bisa cepet istirahat. Semangat nggarap skripsinya. Ingat! Nggak kudu muluk-muluk skripsi setinggi langit kok, yang penting selesai aja udah. (ini prinsipku sih, hehe)
Dan........ Jangan lupa banyakin refreshing di tingkat akhir ini, karena sebentar lagi kalian bakal berpisah dengan teman, sahabat, atau gebetan kalian menuju kehidupan masing-masing. Pamit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar