Senin, 01 September 2014

Tips : Mau jadi maba?

ada banyak tugas buat maba tahun ini. tapi kayaknya lebih simpel daripada tahunku sih, lebih enak gitu, tugasnya udah dibocorin dari awal. serius ini enak banget.
tapi tak apalah, mereka tetap butuh bantuan. ini aku ada sedikit tips yang kayaknya nggak membantu-membantu amat buat para maba, ya semoga betah baca nya deh, :D



1. Makalah Penelitian
kayaknya ini nih yang paling berat dari tugas yang lain, tapi cukup simple kok.. buat ngerjain tugas ini, lo cukup pergi ke perpustakaan BPS atau Perpusda terdekat untuk mencari referensi. Cari yang pas cocok sama tema yang ditentukan, dalam hal ini survei. Bisa tuh ngangkat tentang SDKI, Susenas, Supas, Sakernas, SBH, SUB, dsb.  INGAT YA, DISINI SURVEI HANYA YANG DILAKUKAN OLEH BPS!!!
tolong bedakan survei dan sensus ya.. inget jangan sampai salah.. Survei itu beda sama Sensus.. :D
dalam tugas makalah ini, hindari banget yang namanya copas, nyontek atau yang referensi dari internet yang terlalu banyak (maksimal 2 aja lah dari internetnya). kalo ketahuan sama korektor nanti bakal gawat!!! baru MP2K aja udah copas, gimana besok waktu kuliah? JANGAN COPAS!! INGAT ITU.
kalo udah selesai, dijilid rapi. tips dari aku sih dijilidnya waktu tanggal 6 gitu. jadi sebelumnya udah dicetak tapi jangan dijilid dulu, dicek sama temen2nya sama ga, kalo misal udah selaras sama temen2 yang lain, dijilid deh di fotokopian dekat stis. ada banyak kok, di samping kampus, di dekat shelter busway bidara cina, di belakang indomaret bonasel, dsb. tapi jangan dijilid di hari Ahad. soalnya fotokopian kan pada tutup di hari ahad. jadi sabtu aja deh ngejilidnya..
eh iya, bingung nyetak nya gimana?? kalo lo lupa ga bawa printer, mintalah ketua himada mu, "kak, boleh minta tolong nggak, saya nggak ada printer buat nyetak makalah, bisa bantu ga kak? bla bla bla",, YANG SOPAN YA.. YANG SOPAAAANNNNNN.. sekalian ngemodusin kakak himada gitu.. #haha

2. CV pribadi dalam bahasa inggris
ini tugas nggak ada minimalnya kan? jadi jangan banyak banyak sih menurutku, yang sedang sedang saja.. coba cari di internet deh, yang namanya CV tu berapa halaman, ya paling 1 2 3 halaman lah ya..

3. Menggambar denah
Nahhh tugas ini tuh kalian harus gambar sejelas mungkin. dikasih emot emot atau warna warna gitu kalo perlu, biar lucu gitu. hehe.. kan ada 4 tuh, kerjakan yang 3 paling awal dulu. untuk basecamp regu nya nanti dikerjain hari minggu tanggal 7 aja.. kan regunya baru dibagi besok abis kuliah perdana.

4. menulis daftar
kalo dulu sih aku tanya tanya kakak tingkat buat ngerjain ini. tapi inget, sisain space buat identitas mu.. identitasmu bakal dibagi besok tanggal 6 juga..

5. Resume buku
lagi lagi aku pesenin ya, JANGAN COPAS. JANGAN COPAS. JANGAN COPAS. ini gampang kok, kalian cuma tinggal cari buku self develp atau buku tentang sejarah kebangsaan. POIN PENTINGNYA ADALAH, PASTIKAN BUKU NYA PUNYA ISBN..!!! ingat itu ya,
nggak punya buku? bingung cari buku nya gimana? tanya kakak tingkatmu, pinjem aja.. mereka banyak yang suka baca buku kok, pasti punya buku begituan. tapi kalo mau beli buku, lo bisa kok ke gramedia matraman sekalian jalan jalan gitu.. tinggal naik busway tujuan ancol gitu, ntar turun di depan gramed. beres deh.. kalo mau yang murah meriah, kamu cari di kwitang.. di daerah senen gitu, tinggal naik busway juga..

6. Deskripsi diri.
katanya sih dikemasnya boleh dengan sesuka hati, mau cerpen lah, mau novel lah, mau cerbung lah, mau artikel ilmiah lah, atau apa gitu terserah lo sih kalo ini.

7. table manner
Hah? nggak tau table manner?? itu lho tata cara makan yang baik dan benar.. ada banyak referensi di internet kok, buku juga, lo tinggal ngeringkas aja. eits, jangan lupa CANTUMKAN SUMBER DARIMANA LO DAPET INFONYA. CANTUMKAN SUMBER!!! ini penting banget, tulis deh dijidatmu kalo perlu, biar nggak lupa.

8. Menuliskan 100 mimpi,
ya biasa aja lah ya, nulis mimpi... misal pingin ngehajiin orang tua, pingin punya istri solehah, pingin punya mobil bmw, pingin punya mesin cuci, dsb.. tulis semua aja.. yang realistis maupun idealis terserah aja lah ya..

9. menulis artikel
nah ini nih, disini seringkali kebanyakan copas. ati ati lho ya, kalo ketahuan pada copas, ntar bisa gaswad bin darurat. jadi minimalisir copas ya.. minimalisir..

10. Resume SG
ini tugasnya sih dikerjainnya ntar ntaran, jadi waktu MP2K tuh ada kuliah umum gitu, jadi ntar ngerangkum gitu dari hasil kuliah umum yang kita ikuti waktu MP2K..

11. Form kejujuran
lah, gampang ini mahh.. tiap hari juga pasti teleponan sama ortu kan ya.. santeeee..

12. Perkenalan teman baru
nahlhoooo kan ada gathering tuh tanggal 5, manfaatkan sebaik mungkin.. kerjain tugas ini waktu gathering. usul aja ke panitia gathering biar nanti ada prosedur atau dikasih spot khusus buat yang mau perkenalan gitu.

13. perkenalan dengan tetangga.
lah ini lagi gampang banget bro.. kalo soal pak RT, tanya tanya nya yang sopan ya, jangan lupa bawa fotokopi ktp sekalian.. biasanya dimintain buat arsip pak rt.. yang lebih asyik lagi kadang dikasih wejangan wejangan gitu..

14. rangkuman informasi bidang di STIS
duh ini lagi gampangnya minta ampun. apalagi dikumpulinnya tanggal 15 september. dikerjain waktu luang aja.. jadi kalo ketemu kakak kakak pake PDA atau kakak kakak yang bau baunya dia anak stis, samperin aja, ajak kenalan.. TAPI TETAP JAGA ETIKA YA.. cari informasi selengkap mungkin tentang bidang yang ada di stis.
saran dariku sih ya, lo cari sebanyak mungkin, tapi ntar yang lengkap banget lo kepoin tu yg lo ingin gabung. misal nih, aku suka pecinta alam. nahh aku cari kakak tingkat sebanyak mungkin entah itu pecinta alam atau bukan, yang penting tanya tanya tentang bidangnya dia, nanti kalo pas ketemu sama kakak cheby, baru deh kita tanya tanya yang banyak dan mendetail. mungkin tanya OR nya kayak gimana, seleksinya gimana, nanti waktu udah jadi anggota gimana, programnya apa aja, dsb..
kalo bisa sih CARI SEBANYAK BANYAKNYA BIDANG DI STIS. INI PENTING. PERLU DIBIKIN TULISAN DI TEMBOK KAMAR. SEEEE---BAAAA---NYAAAKK MUUUUNGG--KIIIIIINNNN.. inget itu ya.. 2 bidang itu, MINIMAL. ingat pesenku ya nak.. inget bener!!

15. menghafal lagu lagu
dulu aku cuma disuruh ngehafalin 3 lagu,, kalo ga salah.. tahun ini katanya ada 9 lagu ya? hahah.. selamat ya..
pokoknya dibikin enjoy aja.. inget ya, HAFALIN BANGET. mati aja kalo nanti di hari pertama lo ditunjuk buat disuruh maju, sementara lo belum hafal. makanya dihafalin betul!!!
eh iya, juga ada bikin yel/lagu angkatan ya? kalo taun yang lalu sih biasanya nge gubah dari lagu yang ada. misal yg angkatan 54 tu lagu "hip hip hura", liriknya diganti2.. kalo 55 tu "kupetik bintang"nya sheila on 7, juga liriknya diganti ganti..
harus hafal sebelum hari pertama MP2K. gimana caranya tuh? GAMPAAANGGG.. tinggal waktu gathering dibahas, terus nanti dinyanyiin, terus buat gerakannya, kalian aplot di youtube, suruh semuanya buka itu dan hafalin. INGET! JANGAN SAMPAI LUPA NGEHAFALIN.


udah sih tips dariku cukup itu aja..
intinya semangat lah ya buat mp2k nya, eh iya, kalo keabisan fotokopian, cari di kampung melayu banyak fotokopian.. kalo kehabisan kertas asturo kombinasi 3 warna, alat tulis, dsb, cari di prapattan di deket pasar jatinegara, stok nya banyak banget disana, biasanya anak stis kalo bikin dekor2 gitu beli barang2nya seringnya sih disana..
kalo buntek bingung, jangan panik.. kerjain bareng temen seangkatan dong.. kalo sama sama buntek, jangan panik juga.. minta tolong diajarin kakak tingkat atau kakak himada dong.. kalo buntek juga, tanya deh ke kakak panitia.. tapi inget, kalian ngerjainnya harus sesuai prosedur, ga usah tanya yang nggak logis atau yang neko neko lah.. kalian udah gedhe kok ya, udah lulus SMA..
panitia dosen dan mahasiswa di stis kayaknya udah nyiapin semuanya buat kalian, jadi kalian juga harus siapkan yang terbaik buat kampus dan diri kalian.

jangan lupa daftar ulang ya, aku nanti bakal ada di daftar ulang lho.. #ehmaap #malahpromosi hehe..
dan satu lagi, jangan ngerepotin orang tua, di saat saat terakhir sebelum ortu pulang ke rumah, tunjukkan ke ortu kalo kalian udah siap hidup mandiri di perantauan!!!
JANGAN HOMESICK WAKTU MP2K. INGAT ITU. hehe..



4 komentar:

  1. Wih tugasnya udah dikasihtau duluan ya? Ya enak deh kalo gitu haha. Semoga lancar yaaa qaqaq panitia! :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. aamiin kakak MK.. lancar juga ya qaqaq buat Liliefors nya.. semoga sponsor datang berjatuhan dari langit..

      Hapus
  2. semua semangat deh pokoknya.. panitia DN56 semangat juga heheheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, boleh lah Kak BPH DN.. hehe.. Semangat DNnya Kak!! Semangat membantu yang lain..!!!!

      Hapus